Serunya Pelatihan Votea dengan Metode Votea-Centered


OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Hari Sabtu, 27 Februari lalu, SNF goes to School kembali mengadakan training votea untuk yang kedua kalinya. Training votea ini diperuntukkan bagi para volunteer teacher yang baru bergabung dengan SNF di awal semester genap ini. SNF memang membuka open recruitment dua kali selama satu periode kepengurusan, yaitu setiap awal semester baru.
Pembicara training votea kali ini adalah Kak Sulfani Nur Mawaddah atau akrab dipanggil Kak Sul dan Kak Riri Marjani Qalbi atau biasa disapa Kak Riri. Keduanya pernah menjadi pengajar di Gerakan UI Mengajar angkatan 4 dan aktif di Departemen Pengabdian Masyarakat BEM Psikologi UI tahun 2014 lalu. Kak Sul dan Kak Riri juga pernah menjadi fasilitator dan pengisi materi di berbagai workshop serta pelatihan. Pada kesempatan training votea kemarin Kak Riri dan Kak Sul menyampaikan materi menarik mengenai psikologi anak usia kelas 5 SD dan manajemen kelas serta metode pembelajaran yang baik (baca materinya di sini).

Selama menyampaikan materi, Kak Sul dan Kak Riri berusaha untuk memposisikan diri sebagai pengajar yang tengah mengajar di kelas dan peserta training atau para votea hari itu dilibatkan secara aktif untuk mempraktikkan langsung materi yang telah disampaikan. Misalnya ketika menyampaikan materi tentang I - U Message atau materi Nyanyian dan Tepukan, Kak Sul dan Kak Riri langsung mengajak para peserta training untuk mempraktikkannya, sehingga materi menjadi tidak membosankan dan para peserta lebih antusias.

Setelah menyampaikan materi, Kak Sul dan Kak Riri melanjutkan training dengan simulasi belajar mengajar, di mana pengurus dan votea dibagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian para pengurus SNF dan beberapa votea lain akan memainkan peran sebagai peserta didik SNF dengan berbagai perilakunya dan seorang votea akan bertindak sebagai pengajar. Simulasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagi votea tentang kegiatan belajar mengajar di SNF. Setelah simulasi berlangsung, tiap kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan yang dihadapi selama simulasi. Kemudian Kak Sul dan Kak Riri juga akan memberikan feedback bagi votea setelah simulasi.

Acara training votea ditutup dengan presentasi dari Divisi Pendidikan tentang teknis KBM di SNF.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *