Skip to content

JAMBORE HORE! : A Day to Get Closer

Jambore adalah kegiatan jalan-jalan bareng yang diadakan setiap tahunnya oleh dan untuk pengurus SNF FEB UI. Tahun ini, tepatnya pada tanggal 8 April lalu, Taman Mini Indonesia Indah menjadi tujuan Jambore kali ini. Dengan konsep mirip Amazing Race, dari pk 07.00 stasiun Universitas Indonesia sudah mulai dipenuhi pengurus SNF yang saling menunggu anggota kelompoknya. Setelah kelompok mereka lengkap, baru perjalanan menuju TMII dimulai. Transportasi yang digunakan mencakup KRL, disambung angkot, dan jalan kaki.

Sebelum para pengurus SNF yang telah dibagi menjadi 4 kelompok tiba di TMII, divisi PSDM telah tiba terlebih dahulu untuk mempersiapkan permainan dan memantau kembali situasi tempat. Begitu tiba, setiap kelompok menerima instruksi dari PSDM dan langsung memulai misi pertama, yaitu berfoto dengan seorang anak dan/atau orangtua lalu kemudian di upload ke media sosial.

Setelah setiap kelompok menyelesaikan tugas ini, barulah acara berlanjut ke permainan berikutnya, yaitu Benar Salah. Permainan yang cukup tricky ini mengharuskan pemainnya untuk melompat ke kiri, kanan, depan, atau belakang sesuai dengan perintah dari MC, namun hanya jika perintah terakhir adalah “Benar”, jika perintahnya adalah “Salah”, maka pemain harus melompat ke arah sebaliknya. Fani sebagai MC melafalkan deretan perintah secepat dan sejelas mungkin, “Benar Salah Salah Benar Salah Benar Benar Salah Benar Kiri Kanan Depan”, jawaban yang benar adalah “Kiri Kanan Depan”.

Yang membuat permainan ini cukup menantang adalah kecepatan pemain untuk merespons perintah juga dipertimbangkan, walau jawabannya benar, jika kalah cepat dengan pemain lain maka tetap dianggap kalah. Masing-masing kelompok mengajukan perwakilan dan mereka saling bertanding 1 lawan 1 sebanyak 5 ronde, hingga kemudian diperoleh pemenang utama. Pemain pada game ini adalah Delia mewakili kelompok 1, Nisbud mewakili kelompok 2, Maya dari kelompok 3, dan Irzat dari kelompok 4. Setelah permainan yang cukup sengit dengan skor yang saling menyusul satu sama lain, akhirnya kelompok 2 dinyatakan sebagai pemenangnya.

Permainan berikutnya yang tidak kalah seru adalah KEPOMPONG, yaitu permainan di mana dua pemain saling menyambung kata “Kepompong” yang diulang-ulang hingga salah satu pemain salah menjawab. Permainan ini kembali dimenangkan oleh kelompok 2 yang diwakili oleh Eka.

Beranjak ke game utama yaitu permainan Kucing dan Tikus. Dalam permainan ini, 2 kelompok berperan sebagai kucing dan 2 kelompok lainnya berperan sebagai tikus. Kelompok kucing harus mengejar anggota kelompok tikus dan merobek nametag mereka, sedangkan anggota kelompok tikus dapat mengeliminasi kelompok kucing dengan mencari anak PSDM yang memegang nama para anggota kelompok kucing. Lapangan Monas TMII pun dipenuhi para pengurus SNF yang berlari-lari dan saling berkejaran. Wah, ternyata lapangan yang beralaskan keramik itu terasa sangat licin jika berlari menggunakan sepatu. Alhasil, banyak yang melepaskan sepatu dan memilih untuk berlari bertelanjang kaki. Setelah setengah jam berlalu dan setiap orang juga telah puas saling berkejaran, penghitungan skor dimulai. Skor kelompok kucing dihitung dari jumlah tikus yang mereka tangkap, sedangkan skor kelompok tikus dihitung dari jumlah kucing yang telah mereka eliminasi dan jumlah anggota yang masih bertahan. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa terjadi nilai seri antara kelompok 1 yang terdiri dari Nadira, Risman, Khairani, Harry, dan Delia dengan kelompok 2 yang terdiri dari Millah, Fadila, Nisbud, Eka, dan Lara.

Lelah setelah berlari-lari maka games berikutnya justru duduk-duduk, 4 kelompok berpasang-pasangan, duduk berhadapan, dan setiap orang menyebutkan satu suku kata secara bersamaan. Kelompok yang menjadi lawannya harus menebak kata yang diucapkan. Karena volume dan artikulasi dapat bervariasi cukup luas, game ini agak memicu kebaperan para pesertanya. Setelah pertandingan sengit antar kelompok yang sampai mengharuskan MC untuk membuat soal baru demi menghindari nilai seri, kelompok 2 memenangkan game ini.

Game ini menjadi game terakhir sebelum penghitungan skor secara keseluruhan yang menentukan juara utama dari Jambore kali ini. Dari hasil akumulasi, juara utama dimenangkan oleh kelompok 2, dengan kelompok 3 sebagai runner-up, kelompok 1 sebagai juara 3, dan kelompok 4 sebagai juara 4. Untuk kategori favorit, yaitu post Instagram dimenangkan oleh kelompok 4. Dengan demikian kegiatan Jambore pun resmi berakhir. Sampai jumpa di Jambore berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *