Skip to content

JIMIN SNF — Pembelajaran Jarak Jauh: Metode Terbaik?

[ngg src=”galleries” ids=”18″ display=”basic_thumbnail” thumbnail_crop=”0″]

JIMIN SNF — Pembelajaran Jarak Jauh: Metode Terbaik?

Penulis: Daffa Harafandi (Ilmu Ekonomi 2019)
Ilustrasi: Elsy Dianda Sari (Akuntansi UI 2019)

Tahun 2020 ini Indonesia dihadapi oleh pandemi COVID-19 yang hampir melumpuhkan beberapa sektor yang ada di Indonesia, tak terkecuali di dunia Pendidikan. Sejak merebaknya pandemi ini, pemerintah pusat dan beberapa pemerintah daerah telah mengeluarkan surat edaran untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau distance education

Pemberlakuan sistem belajar jarak jauh telah diterapkan di semua jenjang pendidikan. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meminta guru-guru mengajar dari rumah dan menerapkan sistem belajar jarak jauh selama masa penutupan sekolah di Ibu Kota melalui Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta nomor 2/SE/2020. Selain itu, beberapa perguruan tinggi juga telah mengeluarkan kebijakan terkait belajar jarak jauh. Pemberlakuan sistem belajar jarak jauh bermaksud untuk menekan persebaran COVID-19 di kalangan masyarakat, terutama pada anak-anak.

Selain untuk mencegah penyebaran COVID-19, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh juga dilakukan sebagai pengganti dari sistem kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah dan perguruan tinggi. Kegiatan belajar mengajar harus tetap berlangsung walaupun sekolah dan perguruan tinggi diliburkan.

Namun, pembelajaran jarak jauh sendiri masih belum melekat di kalangan pelajar di Indonesia. Apa itu pembelajaran jarak jauh? Apakah pembelajaran jarak jauh dapat menjadi metode terbaik untuk kegiatan belajar mengajar selain di sekolah dan perguruan tinggi?

Perkembangan Pembelajaran Jarak Jauh

Pembelajaran jarak jauh merupakan sebuah sistem pendidikan dengan kondisi pelajar dan pengajar berada di tempat yang berbeda. Bentuk pembelajaran melalui virtual maupun tulisan [1]. Sistem pembelajaran jarak jauh sendiri telah berevolusi seiring berjalannya waktu. Beberapa orang berpendapat bahwa pembelajaran jarak jauh pertama terjadi pada tahun 1840 di Inggris ketika seorang pendidik, Sir Isaac Pitman memberikan tugas kepada muridnya melalui surat (korespondensi) dan muridnya mengumpulkan tugas kepada beliau melalui surat juga. Pada tahun 1858, Universitas London menjadi universitas pertama yang menawarkan sistem pembelajaran jarak jauh. Tahun-tahun setelahnya, Universitas Chicago meluncurkan sistem pembelajaran jarak jauh menggunakan radio dan televisi, yaitu pada tahun 1892.Di Indonesia, sistem pembelajaran jarak jauh telah ada sejak tahun 1950. Metode yang digunakan saat itu berupa korespondensi. Selanjutnya, pada tahun 1984, Universitas Terbuka mulai mengadopsi sistem pembelajaran jarak jauh. Sistem belajar jarak jauh terus berevolusi dari masa ke masa hingga pada tahun 2016, dibentuklah idREN, yaitu jaringan tertutup nasional yang berfungsi sebagai tempat riset berbagai perguruan tinggi [2].

Kelebihan dan Kekurangan PJJ

Pemanfaatan sistem pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning memang menjadi alternatif dalam menyikapi kendala proses belajar mengajar di sekolah dan perguruan tinggi akibat pandemi COVID-19 saat ini. Adanya perkembangan zaman juga membuat sistem PJJ menjadi lebih modern berkat penggunaan teknologi informasi dan komunikasi seperti media elektronik dan internet. Hal ini memberikan kemudahan bagi pelajar untuk mengakses bahan pembelajaran dimanapun dan kapanpun karena bahan pelajaran dapat diunduh melalui smartphone, laptop, atau komputer. Selain itu, sistem PJJ ditunjukkan untuk membuat pelajar menjadi aktif ketika proses pembelajaran karena pada sistem PJJ, pelajar dapat mencari sendiri informasi yang diperlukan untuk menambah wawasan melalui fasilitas yang sudah ada. Penggunaan PJJ juga relatif lebih efisien karena mempermudah pelajar yang rumahnya jauh dari sekolah atau perguruan tinggi.

Akan tetapi, penggunaan sistem PJJ memiliki sejumlah kekurangan, diantaranya adalah interaksi antara pelajar dan pengajar menjadi kurang diakibatkan pertemuan hanya berlangsung melalui media elektronik. Kurangnya interaksi secara langsung akan menyebabkan lambatnya ilmu yang diserap pelajar ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal lain yang dapat terjadi adalah turunnya motivasi belajar di kalangan pelajar. Beberapa pelajar memiliki motivasi yang tinggi ketika proses pembelajaran dilakukan dengan interaksi secara langsung. Namun, ketika sistem belajar diubah di pembelajaran jarak jauh, beberapa pelajar tersebut mengalami kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru dan dilanjutkan dengan turunnya motivasi belajar mereka. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kegagalan dalam proses pembelajaran.

Permasalahan dan Tantangan Pelaksanaan PJJ di Indonesia

Di samping kelebihan dan kekurangannya, kebijakan untuk melakukan PJJ memang telah dikeluarkan oleh Pemda dan institusi pendidikan karena kondisi darurat . Namun, pengeluaran kebijakan pelaksanaan PJJ yang cenderung terburu-buru menyebabkan timbulnya beberapa masalah. Pertama, tidak terjangkaunya fasilitas jaringan internet. Internet merupakan kunci utama dalam proses kegiatan PJJ. beberapa daerah yang tidak dijangkau jaringan internet akan membuat para pelajar di daerah tersebut kesulitan mengakses website untuk PJJ. Kedua, terjadinya kebingungan di kalangan pelajar akibat perubahan sistem belajar secara drastis. Berdasarkan CNN Indonesia, sejumlah siswa mengaku kebingungan dengan penerapan PJJ oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dikarenakan penutupan sekolah akibat pandemi COVID-19 [5]. Menurut sejumlah siswa tersebut, pembelajaran jarak jauh akan mempersulit mereka untuk berkonsultasi dengan guru. Ketiga, PJJ belum  bisa mendukung pelaksanaan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Merebaknya pandemi COVID-19 telah menyebabkan ditundanya Ujian Sekolah serta Ujian Nasional di beberapa daerah, salah satunya DKI Jakarta. Penutupan sekolah-sekolah menyebabkan Badan Standar Pendidikan Nasional (BSNP) mengeluarkan surat pernyataan terkait penyusunan ulang jadwal UN 2020. Fasilitas teknologi yang belum memadai menyebabkan pelaksanaan UN dan Ujian Sekolah tidak dapat dilakukan secara jarak jauh sehingga pelaksanaannya harus ditunda.

Dengan demikian, penggunaan PJJ sebagai pengganti proses belajar konvensional memang merupakan alternatif yang baik. PJJ memiliki sifat yang lebih fleksibel dibanding pembelajaran konvensional. Namun, sistem PJJ belum bisa dinikmati oleh seluruh pelajar dikarenakan permasalahan dalam fasilitas seperti media elektronik dan jaringan internet.  Untuk itu. pemerintah harus terus melakukan pemerataan fasilitas pendukung PJJ agar seluruh pelajar di Indonesia dapat menikmatinya. Pemerataan dalam sektor pendidikan juga menjadi kunci dalam kemajuan Indonesia.

Daftar Pustaka

  • Ayuningtyas, R., 2020. Anies Baswedan Tutup Sekolah Di DKI Jakarta Selama 2 Minggu Ke Depan. [online] liputan6.com. Available at: <https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/4201817/anies-baswedan-tutup-sekolah-di-dki-jakarta-selama-2-minggu-ke-depan> [Accessed 22 March 2020].
  • nasional. 2020. Sekolah Diliburkan, Anies Minta Guru Mengajar Dari Rumah. [online] Available at:<https://m.cnnindonesia.com/nasional/20200317142241-20-484195/sekolah-diliburkan-anies-minta-guru-mengajar-dari-rumah> [Accessed 22 March 2020].
  • BBC News Indonesia. 2020. Sekolah Di Rumah Mulai Diterapkan, Tak Semua Siap. [online] Available at: <https://www.google.com/amp/s/www.bbc.com/indonesia/amp/indonesia-51906763> [Accessed 22 March 2020].
  • Chandrawati, S., 2020. PEMAMFAATAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN. [online] Jurnal.untan.ac.id. Available at: <http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/view/183> [Accessed 22 March 2020].
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Dua Tantangan Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Internet. [online] Available at: <https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2015/06/dua-tantangan-pendidikan-jarak-jauh-berbasis-internet-5013-5013-5013> [Accessed 22 March 2020].
  • Republika Online. 2020. Minimnya Akses Jadi Kendala Utama Pendidikan Jarak Jauh | Republika Online. [online] Available at: <https://www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/pfo2qj335> [Accessed 22 March 2020].
  • CNN Indonesia. 2020. Siswa Mengaku Bingung Dengan Penerapan Belajar Jarak Jauh. [online] Available at: <https://m.cnnindonesia.com/nasional/20200314185355-20-483461/siswa-mengaku-bingung-dengan-penerapan-belajar-jarak-jauh> [Accessed 22 March 2020].
  • Florida National University. 2020. The Evolution Of Distance Learning. [online] Available at: <https://www.fnu.edu/evolution-distance-learning/> [Accessed 22 March 2020].
  • Kopertis3.or.id. 2020. [online] Available at: <http://kopertis3.or.id/v2/wp-content/uploads/Paulina-Pannen-Kebijakan-PJJ-dan-E-Learning.pdf> [Accessed 22 March 2020].


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *