Tema dan Nilai-Nilai SNF


Tema SNF

Tema besar untuk SNF Periode 2019-2020 yaitu Superhero (Pahlawan).

Anak-anak merupakan insan penerus bangsa yang memiliki potensi sangat besar untuk berkembang. Anak masih dianggap sebagai “zero” atau seperti kertas yang masih sangat putih dimana masih kosong dan belum menjadi apapun. Sehingga dalam proses tersebut, anak sangat potensial untuk diberikan hal-hal yang positif. Hal positif yang anak dapat, diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi dirinya untuk berkembang. Sehingga pada saat dewasa, anak-anak tersebut mampu bermanfaat dan memberikan hal terbaiknya untuk lingkungan sekitarnya.

Agar mencapai hal tersebut, perlu diberikan penanaman nilai-nilai pahlawan. Penanaman nilai pahlawan kepada anak dapat dilakukan dengan memberitahukan kepada anak bahwa banyak hal kecil yang mereka lakukan sebenarnya adalah perilaku pahlawan. Namun kadangkala mereka tidak sadar akan hal-hal tersebut dan malah mengabaikannya. Selain itu, pengajaran penanaman nilai-nilai pahlawan dapat dilakukan dengan menceritakan kepada anak-anak mengenai kisah-kisah heroik para pahlawan, termasuk pahlawan Indonesia. Hal tersebut dalam dilakukan dengan memperlajari sejarah bangsa Indonesia dimana para pahlawan telah rela berjuang demi melawan kejahatan dan membela kebenaran. Metode pengajaran membaca komik juga dapat dilakukan untuk mengenalkan karakter pahlawan melalui tokoh-tokoh pahlawan fiksi seperti Superman, Gatotkaca, Hulk dan lainnya.

Penanaman nilai-nilai kepahlawanan semata-mata agar menjadikan mereka menjadi seseorang yang bermanfaat dan suka menolong orang-orang di sekitar lingkungannya seperti “Hero”. Mengubah mereka menjadi “Zero to Hero”.

Nilai-Nilai SNF

learning

Learning yang berarti pembelajaran bermakna bahwa seluruh pihak yang terlibat di dalam SNF bisa mendapatkan pembelajaran. Misalnya, siswa/i SNF mendapat pembelajaran dari volunteer teacher, pengurus SNF dan volunteer teacher mendapat pembelajaran tentang bagaimana cara mengajar yang baik dan benar, psikologi anak, dsb, kemudian orang tua siswa/i mendapat pembelajaran tentang bagaimana cara mendidik anak dengan benar, serta pihak-pihak lain yang mendapat manfaat tidak langsung dari kegiatan SNF.

humanism

SNF dapat menjadi keluarga bagi seluruh pihak yang terlibat di dalamnya, dimana kekeluargaan ini perlu terjalin dengan baik sehingga kinerja pengurus dan volunteer teacher bisa berjalan tanpa adanya rasa beban.

familySNF sebagai organisasi sosial yang bergerak di bidang pendidikan diharapkan mampu memberikan peningkatan kesejahteraan bagi siswa/i SD kelas V dalam bentuk edukasi tidak hanya yang bersifat akademik, namun juga yang bersifat watak dan kepribadian.

enthusiasm

Selain merasa kekeluargaan, diharapkan seluruh pihak yang terlibat di dalam SNF antusias terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh SNF sehingga manfaat dari program kerja tersebut dapat terasa baik secara langsung maupun tidak langsung.