Tema dan Nilai-Nilai SNF


Tema SNF

Tema yang dibawa pada kepengurusan SNF ini adalah cita-cita dan instrumen yang digunakan untuk memperkenalkan cita-cita yaitu profesi. Kita kerap mengukur sebuah keberhasilan berdasarkan sukses tidaknya acara yang kita laksanakan atau bagus tidaknya hasil kita dalam mengerjakan sebuah tes. Demikian pula dengan sebuah profesi, kerap kali kita menilai orang berdasarkan hasil pekerjaan mereka, seperti polisi yang dapat menangkap penjahat ataupun insinyur yang dapat membangun rumah. Hal inilah yang menimbulkan ketidaksetaraan pada masyarakat kini. Ketidaksetaraan yang muncul menimbulkan adanya pekerjaan yang dianggap lebih penting dibandingkan pekerjaan lain. Sehingga membuat kita kurang menghargai jasa orang lain karena kita anggap mereka tidak melakukan pekerjaan yang signifikan. Sebagai contoh adalah ketika kita membangun sebuah rumah, bukan hanya seorang insinyur saja yang memiliki peran untuk membangun rumah, akan tetapi dari pemborong, arsitek, hingga mandor dan buruh lepas berperan akan suksesnya membangun sebuah rumah.

Kita kerap melupakan sebuah komponen penting yaitu seberapa besarkah kontribusi yang kita lakukan sehingga hal yang kita lakukan dapat dianggap sukses. Dengan membawa tema ini SNF ingin menanamkan nilai-nilai apresiasi dan toleransi, bahwa cita-cita yang kita miliki tidaklah ada yang salah, semua orang memiliki cita-cita masing-masing dan semua cita-cita itu dapat dikatakan penting ketika dapat memberikan kontribusi kepada orang lain. Sehingga kita dapat lebih menghargai orang lain di sekitar kita.

Nilai-Nilai SNF

learning

Learning yang berarti pembelajaran bermakna bahwa seluruh pihak yang terlibat di dalam SNF bisa mendapatkan pembelajaran. Misalnya, siswa/i SNF mendapat pembelajaran dari volunteer teacher, pengurus SNF dan volunteer teacher mendapat pembelajaran tentang bagaimana cara mengajar yang baik dan benar, psikologi anak, dsb, kemudian orang tua siswa/i mendapat pembelajaran tentang bagaimana cara mendidik anak dengan benar, serta pihak-pihak lain yang mendapat manfaat tidak langsung dari kegiatan SNF.

humanism

SNF dapat menjadi keluarga bagi seluruh pihak yang terlibat di dalamnya, dimana kekeluargaan ini perlu terjalin dengan baik sehingga kinerja pengurus dan volunteer teacher bisa berjalan tanpa adanya rasa beban.

familySNF sebagai organisasi sosial yang bergerak di bidang pendidikan diharapkan mampu memberikan peningkatan kesejahteraan bagi siswa/i SD kelas V dalam bentuk edukasi tidak hanya yang bersifat akademik, namun juga yang bersifat watak dan kepribadian.

enthusiasm

Selain merasa kekeluargaan, diharapkan seluruh pihak yang terlibat di dalam SNF antusias terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh SNF sehingga manfaat dari program kerja tersebut dapat terasa baik secara langsung maupun tidak langsung.